Publikasi > Panduan Teknis dan Catatan Kebijakan

Panduan Pemantauan dan Evaluasi Layanan Administrasi Kependudukan Berbasis Kewenangan Desa

Author: KOMPAK
Published: 24/11/2021

Layanan Adminduk Berbasis Kewenangan Desa (LABKD) adalah fasilitasi layanan adminduk dengan menggunakan kewenangan yang dimiliki oleh Pemerintah Desa. Merujuk pada Pasal 19 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (UU Desa), LABKD dapat dikategorikan sebagai kewenangan lokal berskala desa yang muncul karena perkembangan (kebutuhan) desa atau prakarsa masyarakat.

Pemantauan dan evaluasi LABKD dilakukan bersama-sama oleh Dinas/Badan yang terkait di Kabupaten, pemerintah kecamatan, dan pemerintah desa. Sasaran dari kegiatan pemantauan dan evaluasi adalah para pihak yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam pelaksanaan LABKD. Sasaran tersebut akan memberikan informasi pelaksanaan LABKD baik terkait perencanaan, penganggaran, serta target yang dicapai dalam pelaksanaan LABKD.

Unduh Pratinjau
2021_Panduan Pemantauan dan Evaluas.pdf

Publikasi Lainnya

Publikasi > Panduan Teknis dan Catatan Kebijakan
Catatan Kebijakan Peran Kecamatan dalam Peningkatan Layanan Dasar serta Pembinaan dan Pengawasan Desa

Kecamatan berpotensi memiliki peran strategis dalam meningkatkan penyediaan layanan dasar dan mendukung pembangunan desa. Posisinya berada di antara pemerintah kabupaten dan desa....

Publikasi > Panduan Teknis dan Catatan Kebijakan
Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Kampung Kabupaten Bener Meriah

Pemerintah Kabupaten Bener Meriah bersama Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) telah menginisiasi model penilaian kinerja kampung berbasis insentif. Sal...

Publikasi > Panduan Teknis dan Catatan Kebijakan
Panduan Penggunaan Sistem Informasi Gampong (SIGAP)

Sejak tahun 2018-2019, KOMPAK bersama DPMG Aceh dan KOMINSA Aceh telah mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Gampong (SIGAP) versi 1.1 dan 1.5 untuk mendukung proses perencanaan...

Menghadapi

COVID-19