Publikasi > Catatan Kebijakan

Petunjuk Teknis & Modul SEPEDA KEREN

Sepeda Keren singkatan dari Sekolah Perempuan, Disabilitas, Anak, dan Kelompok Rentan Lainnya adalah suatu usaha sadar yang dilakukan secara terencana, terstruktur dan sistematis dalam mewujudkan keberdayaan dan kemandirian perempuan, disabilitas, anak dan kelompok rentan lainnya melalui pendekatan partisipatif sehingga mampu mengakses, berpartisipasi penuh dan aktif, menerima dan mengelola manfaat serta dapat mengisi posisi kontrol dalam pembangunan. Sepeda Keren diharapkan menjadi gerakan masayarakat yang bertujuan mempersiapkan perempuan, disabilitas, anak dan kelompok rentan lainnya agar memiliki kemampuan untuk menjadi gender champion.

Dipublikasikan pada: Apr 2021

Publikasi > Catatan Kebijakan

Panduan Pelaksanaan Gerakan Kudu Sekolah

Pemerintah Kab. Pekalongan bekerja sama dengan Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan untuk Kesejahteraan (KOMPAK) menyusun Panduan Pelaksanaan Gerakan KUDU Sekolah (Kembali Upayakan Dukungan untuk Sekolah). Panduan ini diharapkan menjadi rujukan khususnya bagi pemerintah dan pihak-pihak yang berkepentingan lainnya dalam proses penguatan kapasitas untuk mengimplementasikan Gerakan KUDU Sekolah.

Dipublikasikan pada: Apr 2021

Publikasi > Catatan Kebijakan

Modul Akademi Paradigta

Akademi Paradigta dirancang sebagai suatu proses pendidikan untuk mendukung kader Pekka dan pemimpin perempuan lainnya di pedesaan dan pinggiran kota, yang lahir dari proses pemberdayaan PEKKA dan inisiatif lainnya untuk masuk dalam sistem yang lebih luas di tingkat desa hingga tingkat yang lebih tinggi. Saat ini, sebagian dari mereka ada yang telah berperan dalam sistem yang lebih luas, seperti menjadi kepala desa atau Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Proses pendidikan yang terstruktur yang dikembangkan melalui Akademi Paradigta ini diharapkan dapat menjadi akselerasi penyiapan kader-kader pemimpin perempuan komunitas akar rumput yang memiliki visi trasformatif dalam kiprah mereka yang lebih luas di masyarakatnya. PEKKA mengeksplorasi pengalaman panjang mengorganisir komunitas Pekka di tingkat desa selama kurun waktu 15 tahun terakhir sebagai basis pengembangan kurikulum pendidikan dan pembelajaran di Akademi Paradigta.

Dipublikasikan pada: Mar 2021

Publikasi > Catatan Kebijakan

Petunjuk Teknis Perahu Sehat Pulau Bahagia (PSPB)

Petunjuk Teknis ini memberikan gambaran detil tentang pelayanan Perahu Sehat Pulau Bahagia atau puskesmas keliling plus yang menyediakan layanan kesehatan yang sifatnya bergerak (mobile), untuk meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan puskesmas bagi masyarakat di wilayah kerja yang sulit terjangkau oleh pelayanan puskesmas dalam gedung. Adapun tujuan dari Pelayanan PSPB ini adalah 1. Mendekatkan pelayanan kesehatan dasar yang lebih komprehensif dalam hal jenis dan tenaga kesehatan yang melayani, serta tersedia secara berkala, kepada masyarakat kepulauan. 2. Mendukung pelayanan puskesmas pembantu (pustu) dan pos kesehatan desa (poskesdes) yang ada di Kepulauan di Kecamatan Liukang Tuppabiring Utara. 3. Melaksanakan deteksi dini dan juga menindaklanjuti hasil deteksi dini penyakit yang dilakukan oleh Pustu atau Poskesdes. Jika dibutuhkan, melakukan rujukan ke pelayanan kesehatan yang lebih tinggi, 4. Meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan Puskesmas Sabutung, 5. Mendukung pelaksanaan pelayanan kesehatan di daerah yang jauh dan sulit terjangkau di wilayah kerja Puskesmas Sabutung, dan 6. Melaksanakan pelayanan luar gedung Puskesmas Sabutung untuk pelayanan poli umum, poli gigi, poli kesehatan ibu dan anak (KIA), serta penyuluhan kesehatan, pemantauan/surveilans dan pelayanan promosi kesehatan, juga pencegahan penyakit.

Dipublikasikan pada: Mar 2021

Publikasi > Catatan Kebijakan

Modul Sekolah Anggaran Desa

Modul Sekar Desa merupakan panduan yang dapat digunakan oleh pendamping desa, pendamping lokal desa, fasilitator yang berasal dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Pembina Teknis Pemerintah Desa (PTPD) tingkat kecamatan, maupun Pemerintah Daerah untuk mendorong tata kelola pemerintahan desa yang baik melalui perencanaan dan penganggaran desa yang lebih transparan, partisipatif, akuntabel, dan inklusif. Modul Sekar Desa ini juga dimaksudkan untuk memperkuat masyarakat dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam mendorong akuntabilitas sosial di desa. Aktor utama akuntabilitas sosial di desa adalah warga desa. BPD merupakan “kanal” yang dapat digunakan oleh warga desa untuk mewujudkan akuntabilitas sosial tersebut, karena BPD mempunyai peran strategis dalam pemerintahan desa. BPD dapat menjembatani aspirasi dan pengaduan warga, terlibat dalam penyusunan peraturan di tingkat desa (Perdes), serta melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

Dipublikasikan pada: Mar 2021

of
7

Menghadapi

COVID-19