Publikasi > Laporan Penelitian dan Evaluasi

Tantangan Pengelolaan Keuangan Publik: Pembelajaran dari Analisis Constraint Anggaran di 15 Kabupaten

KOMPAK bersama dengan Direktorat Evaluasi dan Sistem Informasi Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan dan 15 Pemerintah Kabupaten lokasi KOMPAK mengadakan Kajian mengenai Tantangan Manajemen Keuangan Publik. Kajian ini menganalisis tantangan pengelolaan keuangan pemerintah kabupaten dari proses perencanaan, penganggaran sampai pada pelaporan keuangannya. Analisis ini dilakukan terhadap APBD 2014-2018 di 15 kabupaten mitra KOMPAK yang berasal dari lima provinsi yaitu Aceh, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Selatan.

Dipublikasikan pada: Apr 2021

Publikasi > Laporan Penelitian dan Evaluasi

Laporan Studi Kelayakan Uji Coba Blockchain dan Teknologi Lain untuk Mendukung Program BANGGA Papua

Studi kelayakan ini dilakukan untuk mengetahui apakah dapat dilakukan uji coba penggunaan blockchain dan teknologi lainnya dalam membantu pelaksanaan program BANGGA Papua. Untuk menjawab hal tersebut, kami melakukan pengumpulan data dengan melakukan studi literatur, wawancara, dan observasi lapangan, agar dapat mengurai proses bisnis yang ada. Selanjutnya, dilakukan identifikasi pemanfaatan teknologi seperti apa yang dapat memperkecil kesenjangan antara kondisi yang diharapkan dengan kondisi yang ada saat ini di lapangan. Kesimpulan studi ini adalah dibutuhkan ruang perbaikan dalam pelaksanaan BANGGA Papua dengan memanfaatkan teknologi yang tepat guna yang terangkum dalam tiga rekomendasi. Pertama adalah pengembangan lanjutan manajemen sistem informasi (Management Information System/MIS) BANGGA Papua dengan penambahan fitur dan integrasi data, agar proses pendaftaran dan penetapan penerima manfaat menjadi lebih efisien. Kedua adalah pemanfaatan biometrik untuk memperbaiki kualitas verifikasi dan validasi penerima manfaat di lapangan. Ketiga adalah pemantauan transaksi penerima manfaat di lokasi pembelanjaan agar dana yang disalurkan dapat dimonitor sebagai bahan evaluasi lebih lanjut.

Dipublikasikan pada: Mar 2021

Publikasi > Laporan Penelitian dan Evaluasi

Evaluasi Pelaksanaan Model Universitas Membangun Desa (UMD)

Studi ini diarahkan untuk mengevaluasi model UMD guna mendapatkan poin pembelajaran utama untuk peningkatan efektivitas dan penyebaran model UMD ke depan. Evaluasi dilakukan di tiga provinsi, yaitu Aceh, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan di mana KOMPAK telah mendukung uji coba KKN model UMD sebelumnya. Pada saat uji coba PT yang mendapat dukungan adalah Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh di Aceh, Universitas Jember (UNEJ) di Jawa Timur, Universitas Katolik Parahyangan di Jawa Barat dan UIN Alauddin Makassar di Sulawesi Selatan. Di Sulawesi Selatan, evaluasi ini diperluas cakupannya untuk melihat pembelajaran pelaksanaan KKN model UMD di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) yang secara khusus mendapat dukungan teknis dari KOMPAK. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangkep telah menandatangani kesepakatan pelaksanaan UMD KKN-Tematik dengan sejumlah PT dan mengundang mahasiswa KKN dari UNEJ untuk melaksanakan model UMD. Dalam evaluasi ini, tim peneliti mewawancarai 61 responden (40 responden laki-laki, 21 responden perempuan), dan melakukan observasi langsung ke tujuh desa di tiga provinsi di mana kegiatan UMD dijalankan oleh PT mitra.

Dipublikasikan pada: Mar 2021

Publikasi > Laporan Penelitian dan Evaluasi

Laporan Kajian Pemetaan Potensi Indikator untuk Penyusunan Rencana Aksi Nasional Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif 2020-2024

Kajian ini bertujuan untuk memetakan indikator-indikator yang lebih representatif, relevan dan sesuai dengan konteks yang ada di daerah. Kajian ini dilakukan melalui pendekatan studi literatur dan pendekatan kualitatif. Studi literatur dilakukan terhadap hasil-hasil penelitian terdahulu dan perundang-undangan yang ada mengenai PAUD-HI. Sementara pendekatan kualitatif dilakukan di 12 kabupaten yang berasal dari 5 provinsi di Indonesia. Data diambil melalui survey, wawancara, diskusi terarah dan observasi.

Dipublikasikan pada: Jul 2020

Publikasi > Laporan Penelitian dan Evaluasi

Strategic yet delicate: the dilemma of involving health workers in facilitating birth registration in Indonesia

Proses registrasi kelahiran merupakan dasar bagi data populasi penduduk. Kajian sebelumnya telah memperlihatkan bahwa koordinasi antara sektor kesehatan dan pencatatan sipil dapat meningkatkan angka cakupan registrasi kelahiran. Meski demikian, belum banyak kajian yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman pekerja kesehatan di bidang administrasi kependudukan dan statistik hayati, serta bagaimana mereka melihat peran mereka dalam bidang ini. Fokus dari kajian kali ini adalah melihat bagaimana persepsi pekerja kesehatan di level manajerial dan pemberi layanan akan hal tersebut, serta peluang dan tantangan yang ada untuk memperkuat proses registrasi.

Dipublikasikan pada: Des 2019

of
7

Menghadapi

COVID-19